f Sejarah Motif Batik Aceh Dan Penjelasannya

Sejarah Motif Batik Aceh Dan Penjelasannya

Selasa, 06 Juni 2023, Juni 06, 2023

Sejarah Motif Batik Aceh dan Penjelasannya — Aceh sebenarnya tidak memiliki tradisi membatik seperti halnya masyarakat Jawa pada umumnya, namun di bumi Serambi Mekkah ini ternyata mempunyai produk kerajinan batik yang kemungkinan besar dibawa oleh para pendatang dari pulau Jawa sebelumnya. Sejak periode kerajaan terdahulu masyarakat Aceh telah mengenal dan mengenakan batik tulis dalam aktivitas kemasyarakatannya, akan tetapi tidak didapatkan kepastian waktu atau tahun atau catatan sejarah yang secara terperinci menjabarkan kehadiran orang Jawa ke Aceh. Sebelum kita membahas batik aceh, ada baiknya jika kita kenal lebih dulu kota aceh secara garis besar.


Daerah spesial Aceh merupakan salah satu provinsi istimewa di Indonesia yang terletak di sebelah ujung utara dari pulau Sumatera dan juga merupakan provinsi yang terletak paling barat dari daerah Indonesia. Provinsi dengan Ibu kota Banda Aceh ini memiliki jumlah penduduk sekitar empat juta lima ratus ribu jiwa menurut data dari situs resmi pemerintah Aceh. Secara geografis letak provinsi tempat istimewa Aceh ini antara 95° – 98° lintang selatan dan 2° – 6° lintang utara dengan ketinggian rata-rata sekitar 125 mdpl dengan luas 5.677.081 ha. Sedangkan batas wilayah Aceh, yakni sebelah selatan berbatasan pribadi dengan Provinsi Sumatera Utara, sebelah utara-timur berbatasan pribadi dengan Selat Malaka, dan sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.


Sejarah Motif Batik Aceh


Motif Batik Aceh terlihat unik dan khas karena menggunakan unsur alam dan budaya Aceh dalam paduan warnanya. Warna yang digunakan pada Batik Aceh lebih mayoritas pada warna-warna yang cerah mirip merah, hijau, kuning, merah muda, dan lain sebagainya. Keberanian memainkan warna itulah yang memperlihatkan kesan unik dan glamor. Jarang sekali penggunaan motif binatang pada Batik Aceh, hal tersebut dikarenakan larangan syariat Islam untuk menggambarkan makhluk bernyawa dalam pengerjaan kain batik. Pengaruh Islam yang besar lengan berkuasa pun tercermin pada bentuk sulur, melingkar, dan garis pada tiap motif.


Motif Batik Aceh


Batik Aceh bukan cuma sekedar kain batik tulis dengan segala keindahan yang mengikutinya. Setiap kain batik tulis aceh dalam setiap motif batik nya terkandung makna dan filosofi luhur kehidupan yang menjadi kearifan budaya lokal serta pedoman hidup bagi penduduk Aceh. Beberapa motif Batik Aceh diantaranya ialah, motif tolak angin, motif pintu Aceh, motif batik bunga jeumpa, motif batik awan meucanek, motif batik rencong, motif batik awan berarak, gayo, dan motif batik pucok reubong. Berikut ini ialah detil penjelasan setiap motif batik aceh.


Motif batik Pintu Aceh menggambarkan sebuah ukuran dari tinggi pintu yang relatif rendah, merepresentasikan suatu kepribadian masyarakat Aceh yang senantiasa rendah hati dan mempunyai kelapangan dada atau bersabar. Jika kita lihat melalui rumah budbahasa Aceh, memang pada umumnya rumah budbahasa tersebut mempunyai pintu yang relatif rendah, akan tetapi di dalamnya terdapat ruangan yang cukup luas atau lapang. Jika kita kaitkan dengan filosofi rumah adab aceh, maka mampu kita simpulkan bahwa masyarakat Aceh memiliki kepribadian dan budpekerti istiadat yang tidak gampang terbuka dengan penduduk luar tetapi menjadi terkesan penuh kehangatan bagaikan sodara kandung apabila sudah saling kenal.


gambar Batik Aceh Motif Pintu Aceh
gambar Batik Aceh — Motif Pintu Aceh

Motif batik Tolak Angin memperlihatkan gambar mengenai banyaknya jumlah ventilasi yang ada pada rumah akhlak Aceh tersebut. Motif batik tolak angin mampu jadi merupakan perlambang bahwa penduduk Aceh pada umumnya condong mudah mendapatkan perbedaan budaya maupun prinsip satu sama lain.


gambar Batik Aceh Motif Tolak Angin
gambar Batik Aceh Motif Tolak Angin

Motif batik Bungong Jeumpa atau biasa masyarakat lokal menyampaikan bunga jeumpa atau dalam ungkapan orang jawa diketahui dengan nama bunga kantil, hal ini digunakan sebagai motif batik aceh alasannya adalah hampir di setiap kawasan aceh terdapat banyak bunga jeumpa serta bentuknya luar biasa indahnya. Unsur alam yang khas dipakai pada motif batik aceh ini.


gambar Batik Aceh Motif Bungong Jeumpa
gambar Batik Aceh Motif Bungong Jeumpa

Motif batik Rencong, tercipta sebab merupakan senjata tradisional / khas aceh yang dulu digunakan untuk perang kemerdekaan RI, senjata tajam yang mirip dengan belati tetapi berlainan dengan pedang atau pisau. Masyarakat Aceh sangat mempercayai bahwa bentuk senjata rencong ini ialah representasi dari bacaan basmalah atau bismillah.


Gambar Motif Batik Aceh


batik aceh
batik aceh

Masyarakat Aceh kebanyakan kadang-kadang menggunakan motif batik aceh selaku busana resmi ataupun non-resmi. Sesuai dengan kearifan lokal penduduk Aceh, model baju batik Aceh pun diadaptasi dengan hukum atau aturan syariat Islam yang dipraktekkan pada pemerintah Aceh. Pada batik aceh untuk perempuan biasanya diwarnai dengan versi garis panjang dan longgar. Batik aceh ini juga tidak cuma digunakan sebagai materi baju batik akan namun juga dibentuk untuk produk lainnya seperti topi, mukena, dompet, tas, maupun aksesoris yang lain.


Setelah Aceh terkena petaka atau imbas tsunami, Batik Aceh mulai digalakkan dengan melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat dari pemerintah Aceh terutamanya lewat Dekranas. Pusat kerajinan batik berada di Banda Aceh dan Lhokseumawe, dengan mendatangkan tentor batik dari jawa untuk melatih para pengrajin batik aceh. Saat ini, Batik Aceh sangat populer di sentra batik Aceh pada Desa Meunasah Manyang, Kabupaten Aceh Besar.


Batik Aceh menciptakan khazanah budaya batik Indonesia makin bermacam-macam dengan menerapkan perpaduan warna sampai dengan motif batik yang dihasilkan berlainan-beda di setiap daerah, dengan tak mau meninggalkan kearifan lokal.


Baca juga artikel batik Indonesia yang lain:



  • Batik Sumatera: Batik Jambi, Batik Riau, Batik Lampung

  • Batik Jawa: Batik Banten, Batik Betawi, Batik Tasik, Batik Indramayu, Batik Cirebon, Batik Pekalongan, Batik Solo, Batik Jogja, Batik Blitar, Batik Malang, Batik Jember.

  • Batik Madura

  • Batik Bali

  • Batik Papua

  • Batik Kalimantan

  • Motif Batik: Batik Sawat Pengantin, Batik Mega Mendung, Batik singa barong, batik sidomukti, batik truntum.

  • Batik Nusantara


Daftar Pustaka Sejarah Motif Batik Aceh dan Penjelasannya



  • Situs resmi pemerintah Aceh, Online: http://acehprov.go.id/ diakses pada 25 Agustus 2016.

  • Aceh, Wikipedia, Online: https://id.wikipedia.org/wiki/Aceh diakses pada 25 Agustus 2016.

  • Motif batik aceh, Fitinline. Online: https://fitinline.com/article/read/batik-aceh diakses pada 25 Agustus 2016


Save


Save


TerPopuler