f Sejarah Motif Batik Sudagaran Dan Penjelasannya

Sejarah Motif Batik Sudagaran Dan Penjelasannya

Selasa, 06 Juni 2023, Juni 06, 2023

Sejarah Motif Batik Sudagaran dan PenjelasannyaBatik sudagaran telah mulai kita kenal sejak jaman kerajaan mulai dari majapahit hingga mataram gres. Untuk mampu mengenal lebih akrab sejarah batik sudagaran, mari kita uraikan satu per satu mulai dari permulaan kemunculan batik sudagaran itu sendiri.


Sejarah batik sudagaran


Lingkungan Keraton pada abad tersebut mempunyai aturan ketat dalam pemakaian batik tergolong pada motif batik nya dimana motif batik tersebut cuma boleh dipakai oleh raja atau abdi dalem tertentu yang terkait dengan makna motif batik yang wajib diemban oleh pemakainya, Hal ini menimbulkan perumpamaan batik larangan.


Aturan ketat tersebut menumbuhkan inspirasi inovatif gres oleh para rakyat dilingkungan luar keraton dengan melaksanakan modifikasi motif baik tersebut dengan memperbesar susunan dan ornamen, termasuk penambahan isen-isen hingga dengan variasi permainan kontras warna antara motif batik dengan dasar warna kain batik tersebut. Pelaku perjuangan inovatif yang melakukan kreasi batik tersebut untuk mengakibatkan motif gres yang mampu dikenakan oleh semua kalangan, yang selanjutnya lebih kita kenal dengan istilah batik sudagaran.


Menurut sumber lain mengatakan bahwa sejarah batik sudagaran dimulai sejak abad ke kesembilan belas, lebih tepatnya pada tahun 1850-an. Pada permulaan awalnya para pengrajin batik sudagaran ini berkembang secara tunggal untuk menciptakan sebuah kain batik biar dapat diperjualbelikan dilingkungan yang lebih luas yang tidak terbatas pada lingkungan keraton saja dalam membuatkan potensi batik sudagaran itu sendiri, namun pada tahun 1939 mereka mulai sadar akan peluangyang luar biasa dari batik sudagaran tersebut sampai mendirikan Koperasi Persatuan Perusahaan Batik Bumi Putera (PPBBP).


Perkembangan batik sudagaran seiring dengan perkembangan cara membuat batik itu sendiri dengan menggunakan canting cap guna menyanggupi pesanan penduduk pada waktu itu yang meningkat sungguh pesat juga bertujuan semoga harga selembar kain batik bisa lebih terjangkau untuk golongan penduduk kelas bawah.


Model batik sudagaran kebanyakan memberikan kesan lebih berani dalam pemilihan bentuk, pilihan motif atas benda alam atau satwa, juga variasi warna yang lebih didominasi warna soga alam dan warna biru renta. Batik Sudagaran senantiasa menghidangkan kualitas dalam proses serta pembuatan yang relatif cukup rumit dalam menyuguhkan satu kain batik gres.


Sejarah batik sudagaran mencatat bahwa batik cap timbul di kala batik sudagaran, tetapi batik tulis masih ialah batik kelas premium hingga ketika ini alasannya adalah proses pengerjaan yang lama dan rincian motif yang digambar begitu rumit.


Jika kita menggunakan batik sudagaran untuk model baju batik modern sangatlah patut dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibanding jenis batik lain sebab kaya akan motif yang tercipta pada jenis batik sudagaran ini. versi baju batik klasik kekinian mungkin akan menjadi tren baru dalam bisnis baju batik modern yang hendak tiba.


Contoh kain batik dalam sejarah batik sudagaran adalah batik cuwiri dan batik petani.


Gambar sejarah batik sudagaran


sejarah Batik Sudagaran
Batik Sudagaran

Daftar Pustaka Sejarah Batik Sudagaran



  • Batik Sudagaran, 19 April 2012. WikiPedia. Online: https://goo.gl/qDKtB7, diakses pada 30 desember 2015.

  • Sejarah Batik Sudagaran, 07 February 2014. FitinLine. Online: http://goo.gl/b2rnEk, diakses pada 30 Desember 2015.


 


Save


TerPopuler